MSDS adalah dokumen yang berisi informasi tentang senyawa kimia yang terkandung pada suatu barang.

MSDS adalah sebuah dokumen yang sering dijumpai oleh kamu yang menjalani bisnis di industri yang berkaitan dengan bahan kimia.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis di industri pertanian, tambang, manufaktur, dan lain sebagainya, kamu harus memahami dokumen yang satu ini.

Salah satu industri yang berkaitan erat dengan dokumen ini adalah industri kargo. Hal ini karena industri kargo menjadi sarana mobilitas bagi berbagai macam industri, termasuk industri yang berkaitan dengan bahan kimia.

Maka dari itu, Muat Cargo sudah rangkum informasi umum seputar MSDS buat kamu yang ingin memahami lebih lanjut. Berikut adalah Pengertian, Isi, dan Fungsi dari MSDS.

Pengertian MSDS

MSDS atau Material Safety Data Sheet merupakan dokumen yang berisi muatan bahan kimia beserta cara penanganannya.

Dikutip dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, MSDS adalah dokumen yang memuat informasi atau pengetahuan mengenai senyawa kimia yang terdapat pada suatu barang.

Barang yang mengandung bahan kimia tentunya tidak dapat diperlakukan sembarangan. Panduan khusus sangat dibutuhkan bagi para pekerja yang memiliki kontak langsung dengan barang kategori B3.

Oleh karena itu, MSDS menjadi sangat penting untuk para pihak yang akan kontak langsung dengan barang berbahan kimia dan B3.

Baca juga: Pengiriman Barang Lewat Cargo, Mengapa Lebih Murah?

Isi Dokumen MSDS

MSDS berperan sebagai panduan untuk menangani barang berbahan kimia atau mengandung B3. Berikut adalah rincian informasi yang termuat dalam MSDS:

  • Informasi Umum tentang Bahan;
  • Informasi Komponen Berbahaya;
  • Reaktivitas Bahan;
  • Sifat Mudah Terbakarnya Bahan;
  • Sifat Fisika Bahan;
  • Sifat Kimia Bahan;
  • Dampak Kesehatan;
  • Pertolongan Pertama; dan
  • Penyimpanan.

Fungsi MSDS

Seperti yang sudah dibahas di atas, MSDS adalah dokumen yang berisi panduan keamanan dalam menangani barang berbahan kimia dan mengandung B3.

Fungsi dari MSDS adalah untuk dapat mendukung dan menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerja. Barang berbahan kimia memiliki risiko tinggi dalam membahayakan tubuh manusia apabila tidak disertai panduan cara penggunaan dan penanganannya.

Maka dari itu MSDS disini bertujuan agar memperkecil resiko tersebut, sehingga para pihak yang berkontak langsung dengan barang berbahaya menjadi lebih aman.

Baca juga: Jasa Cargo Murah dengan Layanan Profesional Muat Cargo

Kesimpulan

MSDS pada dasarnya merupakan dokumen yang harus disertakan untuk menangani barang berbahan kimia dan B3.

MSDS tidak hanya digunakan oleh orang-orang yang bekerja di laboratorium, tetapi juga sering digunakan sebagai syarat wajib pengiriman barang yang mengandung bahan kimia dan B3.

Dengan adanya MSDS, proses penanganannya akan menjadi lebih aman bagi keselamatan orang di sekitarnya, dan juga barang itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *