Jasa Logistik dan Freight Forwarding Adalah Hal yang Berbeda, Meski Sama Namun ada Perbedaan yang Cukup Signifikan

Jasa Logistik dan Freight Forwarding adalah istilah yang sering di dengar dalam dunia dagang internasional serta distribusi barang, ada banyak elemen penting yang memastikan pergerakan barang dari produsen ke konsumen tetap lancar.

Dua komponen utama yang sering digunakan dalam rantai pasokan adalah jasa logistik atau freight forwarding. Meskipun keduanya berfungsi untuk mengatur transportasi dan distribusi barang, mereka memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda.

Artikel ini akan membahas perbedaan antara jasa logistik maupun freight forwarding, serta peran mereka dalam mendukung rantai pasokan global.

Jasa Logistik

Cakupannya perencanaan, implementasi, dan kendali yang efisien dari pergerakan barang dan penyimpanan dalam rantai pasokan. Fokus utamanya adalah mengelola aliran barang secara efektif dari titik asal hingga tujuan akhir.

Perusahaan logistik bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan segala hal yang terkait dengan distribusi dan pengiriman barang. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh perusahaan logistik meliputi pengambilan, konsolidasi, pengemasan, penyimpanan, transportasi, dan pengiriman barang.

Peran jasa logistik mencakup pemilihan jalur pengiriman yang optimal. Negosiasi dengan jasa logistik, pengelolaan persediaan, serta pemantauan dan pelaporan status pengiriman kepada klien. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan efisiensi dan keandalan operasi. Mengoptimalkan rute dan waktu pengiriman guna mengurangi biaya dan meminimalkan risiko keterlambatan.

Baca juga : Pengiriman barang yang bisa kita tunggu dirumah

Freight Forwarding

Adalah sub dari jasa logistik yang fokus pada pengaturan pengiriman barang antara pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan internasional.

Oleh karena itu Freight Forwarding bertindak sebagai perantara antara produsen dan transportasi, menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan untuk mengirim barang dari satu negara ke negara lain.

Peran freight forwarder meliputi penanganan dokumen ekspor dan impor, pengurusan bea cukai, pengemasan kargo, pemuatan dan pengangkutan, serta manajemen risiko dan asuransi.

Mereka bekerja sama dengan berbagai maskapai dan perusahaan transportasi untuk memilih jalur terbaik dan mengoptimalkan proses pengiriman agar tepat waktu dan aman.

jasa logistik dan freight forwarding

Perbedaan Utama Jasa Logistik dan Freight Forwarding

Salah satu perbedaan utama antara keduanya terletak pada cakupan tanggung jawab. Jasa logistik meliputi manajemen keseluruhan rantai pasokan, sementara freight forwarding lebih fokus pada pengaturan transportasi dan administrasi dokumen terkait pengiriman internasional.

Freight forwarding bisa dianggap sebagai bagian dari jasa logistik yang lebih spesifik dan terfokus. Selain itu, perusahaan logistik umumnya akan menangani berbagai jenis barang, termasuk layanan untuk transportasi darat, laut, dan udara, serta pergudangan dan distribusi.

Sementara freight forwarder lebih berfokus pada pengiriman kargo di tingkat internasional dan berurusan dengan izin dan peraturan bea cukai.

Kesimpulan Mengenai Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding

Secara ringkas, jasa logistik mencakup seluruh proses pengelolaan dan distribusi barang dalam rantai pasokan.

Sementara freight forwarding adalah bagian dari jasa logistik yang fokus pada pengaturan transportasi internasional. Keduanya adalah komponen penting dalam mendukung perdagangan global dan memastikan barang dapat diantarkan ke tujuan dengan tepat waktu dan aman.

Memahami perbedaan antara jasa logistik maupun freight forwarding. Dapat membantu perusahaan dan pengusaha dalam memilih penyedia layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *