Penjelasan Logistik – Jasa kirim atau logistik adalah proses pengelolaan, pemindahan, dan penyimpanan barang, suku cadang, atau barang jadi dari tempat asal ke tempat tujuan. Logistik merupakan salah satu bagian penting dari rantai pasok (supply chain) yang berperan dalam memastikan ketersediaan produk yang tepat, pada waktu yang tepat, dan di tempat yang tepat.

Baca Juga :

Penjelasan Tentang Logistik

Menurut American Marketing Association, logistik adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian arus barang, jasa, dan informasi yang terkait dari titik asal ke titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Menurut Council of Supply Chain Management Professionals (CSCMP), logistik adalah proses perencanaan, implementasi, dan pengendalian arus yang efisien dan efektif dari bahan mentah, barang jadi, dan informasi terkait dari titik asal ke titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dari kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa logistik adalah proses yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian arus barang, jasa, dan informasi dari titik asal ke titik konsumsi.

Penjelasan Fungsi Logistik

Logistik memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Memastikan ketersediaan produk

Logistik berperan dalam memastikan ketersediaan produk yang tepat, pada waktu yang tepat, dan di tempat yang tepat. Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menjaga kepuasan pelanggan.

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas

Logistik dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi, distribusi, dan penjualan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan mengurangi biaya.

  • Meningkatkan daya saing

Logistik yang efektif dapat membantu meningkatkan daya saing perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kecepatan pengiriman, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Penjelasan Cara Kerja Logistik

Logistik dapat dibagi menjadi beberapa kegiatan utama, antara lain:

  • Perencanaan

Perencanaan dalam logistik mencakup perencanaan kebutuhan barang, perencanaan rute pengiriman, dan perencanaan penyimpanan.

  • Pembelian

Pembelian dalam logistik mencakup pembelian bahan baku, suku cadang, dan barang jadi.

  • Pengiriman

Kegiatan pengiriman dalam logistik mencakup transportasi barang dari tempat asal ke tempat tujuan.

  • Penyimpanan

Penyimpanan dalam logistik mencakup penyimpanan barang sementara waktu sebelum dikirim ke tempat tujuan.

  • Pengemasan

Pengemasan dalam logistik mencakup pengemasan barang untuk melindunginya dari kerusakan selama proses pengiriman dan penyimpanan.

  • Penanganan barang

Kegiatan penanganan barang dalam logistik mencakup kegiatan bongkar muat, pemuatan, dan pembongkaran barang.

Baca juga : Apa saja syarat untuk ekspor kiriman UMKM agar bsia Go Internasional

Peran Logistik dalam Rantai Pasok

Jasa pengiriman logistik berperan penting dalam rantai pasok. karena merupakan penghubung antara produsen dan konsumen. Logistik memastikan bahwa produk yang diproduksi oleh produsen dapat sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang baik dan tepat waktu itu yang disebut dengan penjelasan logistik.

Secara lebih spesifik, peran logistik dalam rantai pasok adalah sebagai berikut:

  • Menyampaikan produk ke konsumen

Berperan dalam menyampaikan produk ke konsumen. Serta memastikan bahwa produk yang diproduksi oleh produsen dapat sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang baik dan tepat waktu.

  • Mengurangi biaya

Logistik dapat membantu mengurangi biaya dalam rantai pasok. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan mengurangi biaya transportasi.

  • Meningkatkan efisiensi

Logistik dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam rantai pasok. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan proses produksi, distribusi, dan penjualan.

  • Meningkatkan daya saing

Dari beberapa hal tentang penjelasan logistik, yaitu logistik yang salah satunya bekerja secara efektif dapat membantu meningkatkan daya saing perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kecepatan pengiriman, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kesimpulan

Kesimpulan tentang Penjelasan Logistik adalah merupakan bagian penting dari rantai pasok. Logistik berperan dalam memastikan ketersediaan produk, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, serta meningkatkan daya saing perusahaan.

Artikel Muat lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *